Sabtu, 15 November 2014

Tugas Telematika II

Manfaat  Jaringan Komputer sebagai media untuk mengakses layanan telematika
  1. Penghubung perangkat lunak dengan user
  2. Penghubung antara database
  3. Sarana Komunikasi
  4. Sarana Pertukaran Data
  5. Mempermudah akses untuk menyimpan dan mendapatkan data
  6. Kemudahan transaksi finansial
  7. Cepatnya penyebaran informasi
  8. Memperbaiki tingkat pelayanan
  9. Meningkatkan transparansi
  10. Mengurangi biaya administrasi
Dampak Negatif Jaringan Komputer sebagai media untuk mengakses layanan telematika
  1. Penyebaran Virus yang cepat
  2. Keamanan data kurang terjamin
  3. Silaturhami kurang terjalin dalam dunia nyata
  4. Penyadapan data dan komunikasi
Aplikasi-aplikasi yang berkembang memanfaatkan jaringan komputer khususnya internet dalam telematika
  1. E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
  2. E-Govermment : penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik
  3. E-banking atau electronic Banking, bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web. Mirip dengan penggunaan mesin ATM, lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan aktifitas pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan – tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan nasabah dengan memanfaatkan layanan ini, terutama bila dilihat dari waktu dan tenaga yang dapat dihemat karena transaksi e-banking bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah dapat terhubung dengan jaringan internet.
  4. E-Learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Definisi e-Learning sendiri sebenarnya sangat luas, bahkan sebuah portal informasi tentang suatu topik juga dapat tercakup dalam e-Learning ini. Namun istilah e-Learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar-mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi Internet.
Faktor yang mendasari perkembangan telematika di Indonesia semakin meningkat
  1. Terjangkaunya harga perangkat pendukung untuk masyarakat
  2. Kemudahan akses data yang diberikan provider
  3. Waktu luang yang minim, sehingga orang lebih enggan untuk keluar rumah
  4. Kemudahan dan kecepatan transaksi yang ditawarkan

Sumber :

  1. Wikipedia
  2. http://intikom.blogspot.com/2010/10/e-commerce-e-banking-e-government-e.html