Kamis, 25 Maret 2010

APLIKASI TUTORIAL UNTUK ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DASAR DALAM BAHASA C LAPORAN TUGAS BESAR

APLIKASI TUTORIAL UNTUK ALGORITMA DAN
PEMROGRAMAN DASAR DALAM BAHASA C

LAPORAN TUGAS BESAR
Diajukan untuk memenuhi kelulusan matakuliah Java Server Page pada jurusan Teknik Informatika


Oleh :
1. Fatmawati Fitri Mulyadi (1073011)
2. Khairunnisa (1073017)







PROGRAM DIPLOMA III TEKNIK INFORMATIKA
POLITEKNIK POS INDONESIA
BANDUNG
2010


ABSTRAK

Tutorial yang akan saya buat berjudul “Aplikasi Tutorial Untuk Algoritma dan Pemrograman Dasar Dalam Bahasa C”. Aplikasi ini berisi tutorial untuk mata kuliah Algoritma dan Pemrograman.
Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk memudahkan pengguna aplikasi dalam belajar dan memahami mata kuliah Algorima dan Pemrograman. Adapun materi yang terdapat pada tutorial tersebut adalah Sequence, Selecting, Looping, Procedure, Function dan Larik.
Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Java Server Pages sebagai bahasa perogrmannya dan Microsoft Acces databasenya. Aplikasi ini merupakan tutorial yang berupa pembelajaran tentang Algoritma dan Pemrograman Dasar,

Kata kunci : Sequence, Selecting, Looping, Procedure, Function, Larik, Java Server Page, Microsoft Acces


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pengajaran mata kuliah algoritma dan pemrograman bertujuan membekali mahasiswa dengan modal dasar dari algoritma yang sering dipakai dalam pemrograman.
Permasalahan umum yang timbul pada mahasiswa dalam mempelajari atau memahami mata kuliah algoritma dam pemrogrman ialah ketidakmampuan menggambarkan cara kerja suatu algoritma dengan jelas. Hal ini disebabkan mahasiswa yang mengikuti terlalu banyak sehingga pengajar tidak dapat secara intensif mengikuti perkembangan mahasiswa perorang. Sehingga tujuan yang diharapkan dari pengajran mata kuliah ini tidak tercapai dangan sempurna.
Hal ini dipersulit dengan adanya anggapan di kalangan mahasiswa, bahwa dalam mengerjakan sesuatu menginginkan hasil yang cepat, tnapa memperhatikan proses apa yang terjadi dalam suatu sistem. Sedangkan untuk memahami algoritma dan pemrograman sendiri secara baik dibutuhkan perhatian yang serius tentang tahapan-tahapan suatu algoritma yang diajarkan.
Oleh karena itu, adanya aplikasi tutorial untuk algoritma dan pemrograman tersebut, sehingga melengkapi atau menyempurnakan pemahaman mahasiswa yang sedang mempelajari mata kuliah algoritma dan pemrograman.
Aplikasi tutorial Algoritma dan Pemrograman Dasar tersebut menggunakan JSP dan Microsoft Acces. Aplikasi tutorial Algoritma dan Pemrograman Dasar yang dibuat dengan menggunakan teknologi JSP(Java Server Pages) yang merupakan teknologi bahasa Java sehingga Jsp mewarisi keunggulan yang dimiliki bahass Java, seperti berorientasi objek, memiliki penanganan eksepsi, multiplatform dan tingkat keamanan yang tinggi.
1.2. Identifikasi Masalah
Permasalahan umum yang timbul pada mahasiswa dalam mempelajari atau memahami mata kuliah algoritma dam pemrograman ialah ketidakmampuan menggambarkan cara kerja suatu algoritma dengan jelas. Hal ini disebabkan mahasiswa yang mengikuti terlalu banyak sehingga pengajar tidak dapat secara intensif mengikuti perkembangan mahasiswa perorang. Sehingga tujuan yang diharapkan dari pengajran mata kuliah ini tidak tercapai dangan sempurna.
1.3. Tujuan
Membangun program tutorial untuk algoritma dan pemrograman. Diharapkan dengan adanya program ini, dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Algoritma dan Pemrograman, khususnya mahasiswa pada semester I, di jurusan Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia.
1.4. Ruang Lingkup
Untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai tutorial ini, maka aplikasi tutorial Algoritma ini hanya membahas mengenai sequence, selecting, looping, procedure, function, dan larik .
1.5. Sistematika Penulisan
Penulisan laporan ini terdiri dari 5 bab, adapun sistematika penulisan yang digunakan dalam pembuatan laporan ini adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN berisi mengenai latar belakang, identifikasi masalah, tujuan, ruang lingkup, dan sistematika penulisan yang digunakan dalam pembuatan laporan Aplikasi Tutorial Untuk Algoritma Dan Pemrograman Dasar Dalam Bahasa C;
BAB II LANDASAN TEORI menjelaskan tentang uraian teori yang mendukung objek Aplikasi Tutorial Untuk Algoritma Dan Pemrograman Dasar Dalam Bahasa C baik hardware dan software yang digunakan;
BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN berisi uraian mengenai analisis yang dilakukan dan perancangan sistem;
BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN berisi lingkungan implementasi Aplikasi Tutorial Untuk Algoritma Dan Pemrograman Dasar Dalam Bahasa C dan petunjuk pemakaian dari aplikasi yang dibuat;
Aplikasi Tutorial Untuk Algoritma Dan Pemrograman Dasar Dalam Bahasa C dan koreksi aplikasi tutorial ini untuk perbaikan di masa mendatang.

BAB II
LANDASAN TEORI
Pada bab ini, akan dibahas teori-teori dasar yang menjadi bahan dalam perancangan dan pembangunan proyek 2 dengan judul “Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Kelurahan Sarijadi Berbasis Client Server”. Pada perancangan perangkat lunak ini akan digunakan Visual basic.net sebagai Object Oriented Programming. Adobe Photoshop CS sebagai interfacenya. dan SQL Server 2005 sebagai Database Management System nya. Dan juga teori-teori lain yang berkaitan dengan perancangan perangkat lunak ini.
2.1 Flow Map
Flow Map adalah Representasi grafik dari langkah – langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan simbol, di mana masing – masing simbol mempresentasikan suatu kegiatan tertentu. Flow Map diawali dengan penerimaan input, pemrosesan input dan diakhiri dengan penampilan output.
2.2 Database
Database adalah kumpulan file-file yang saling berelasi, relasi tersebut biasa ditunjukan dengan kunci dari tiap file yang ada. Suatu database menunjukan satu kumpulan data yang dipakai dalam satu lingkup perusahaan instansi. Beberapa penjelasan mengenai database:
1. Data adalah nilai/value yang turut mempresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (Event).
2. Informasi adalah merupakan hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna atau lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu event yang nyata yang digunakan untukpengambialn keputusan.
3. Sistem Informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambialn keputusan.
4. Database adalah kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan menipulasi untuk kegunaan tertentu.
2.3 JSP
JSP adalah suatu teknologi web berbasis bahasa pemrograman Java dan berjalan di Platform Java, serta merupakan bagian teknologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition). JSP sangat sesuai dan tangguh untuk menangani presentasi di web. Sedangkan J2EE merupakan platform Java untuk pengembangan sistem aplikasi enterprise dengan dukungan API (Application Programming Inteface) yang lengkap dan portabilitas serta memberikan sarana untuk membuat suatu aplikasi yang memisahkan antara business logic (sistem), presentasi dan data.
JSP merupakan bagian dari J2EE dan khususnya merupakan komponen web dari aplikasi J2EE secara keseluruhan. JSP juga memerlukan JVM (Java Virtual Machine) supaya dapat berjalan, yang berarti juga mengisyaratkan keharusan menginstal Java Virtual Machine di server, dimana JSP akan dijalankan. Selain JVM, JSP juga memerlukan server yang disebut dengan Web Container.
Teknologi JSP menyediakan cara yang lebih mudah dan cepat untuk membuat halaman-halaman web yang menampilkan isi secara dinamik. Teknologi JSP didesain untuk membuat lebih mudah dan cepat dalam membuat aplikasi berbasis web yang bekerja dengan berbagai macam web server, application server, browser dan development tool.
Java Server Pages (JSP) adalah bahasa scripting untuk web programming yang bersifat server side seperti halnya PHP dan ASP. JSP dapat berupa gabungan antara baris HTML dan fungsi-fungsi dari JSP itu sendiri. Berbeda dengan Servlet yang harus dikompilasi oleh USER menjadi class sebelum dijalankan, JSP tidak perlu dikompilasi oleh USER tapi SERVER yang akan melakukan tugas tersebut. Makanya pada saat user membuat pertama kali atau melakukan modifikasi halaman dan mengeksekusinya pada web browser akan memakan sedikit waktu sebelum ditampilkan.
2.4 Microsoft Visio 2007
Microsoft Visio adalah suatu program aplikasi yang bekerja dengan sistem operasi MS Windows. Program visio digunakan untuk membuat diagram alir (flowchart) pada formulir-formulir yang berhubungan dengan bidang; teknik, lalu- lintas, ekonomi, manajemen, network dan sebagainya. Hal-hal yang dapat dilakukan oleh program visio antara lain pembuatan diagram alir (flowchart), design interior, manajemen proyek, diagram balok (network), grafik, formulir, bagan organisasi dan lain-lain.




BAB III
ANALISIS DAN PERANCANGAN
3.1. Analisis
Aplikasi ini merupakan sebuah tutorial yang berfungsi sebagai media belajar. Analisis merupakan penguraian dari suatu aplikasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi masalah-masalah, hambatan-hambatan yang terjadi serta kebutuhan yang diharapkan. Analisis ini diperlukan untuk mengetahui mekanisme, proses-proses maupun hubungan antar proses dalam aplikasi tersebut.
3.1.1 Deskripsi Pembuatan Aplikasi Tutorial
Aplikasi tutorial ini merupakan sebuah aplikasi media pembelajaran. Tutorial yang akan saya buat berjudul “Aplikasi Tutorial Untuk Algoritma dan Pemrograman Dasar Dalam Bahasa C”. Aplikasi ini berisi tutorial untuk mata kuliah Algoritma dan Pemrograman. Aplikasi ini adalah untuk memudahkan pengguna aplikasi dalam belajar dan memahami mata kuliah Algorima dan Pemrograman. Adapun materi yang terdapat pada tutorial tersebut adalah Runtunan, Pemilihan, Pengulangan, Prosedur, Fungsi, dan Larik.
3.1.2 Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Berbagai perangkat lunak yang digunakan untuk membangun sebuah Aplikasi Tutorial ini di antaranya:
• Sistem Operasi : Windows XP Service Pack 2.
• Design Grafis : Adobe Photoshop CS2
• Analisis : Microsoft Visio 2007
• Bahasa Pemrograman : Java Server Pages
• Database : Microsoft Acces
3.1.3 Analisis Kebutuhan Perangkat Keras
Kebutuhan analisis perangkat keras yang kami gunakan untuk membangun Aplikasi Tutorial ini adalah komputer dengan spesifikasi :
• Processor : Intel AMD Turion™ 64 X2
• Memori : 2000 MB
• VGA : NVIDIA GeForce 9100MG
3.2 Perancangan
Untuk mmbuat sebuah aplikasi tutorial yang baik diperlukan perhitungan dan ketelitian. Maka dari itu perancangan yang baik harus dilakukan agar diperoleh hasil yang efisien, optimal dan sesuai dengan apa yang kiata inginkan.
Tahap perancangan dalam pembuatan “Aplikasi Tutorial Untuk Algoritma dan Pemrograman Dasar Dalam Bahasa C” ini adalah sebagai berikut :
a Merancang design tampilan antar muka
b Menentukan fungsi- fungsi yang disediakan
3.2.1 Perancangan Flowcart
Gambar 3.1 Flowcart Index
Keterangan sebagai Admin:
a Pertama Admin masuk kedalam aplikasi
b Admin melakukan login
c Admin menginput data
d Admin mengedit data
e Admin menyimpan data
Keterangan sebagai User :
a Pertama user masuk kedalam aplikasi
b User memilih menu guest book
c User menginput data pada menu guest book (sistem melakukan penyimpanan data)
d User memilih menu tutorial
e Menampilkan tutorial
Gambar 3.2 Flowcart Menu Tutorial
Keterangan :
a User memilih Materi Tutorial
b User memilih Menu ”sequence”
c System memproses permintaan
d System menampilkan data tutorial ”sequence”
e User memilih Menu ”selecting”
f System memproses permintaan
g System menampilkan data tutorial ” selecting”
h User memilih Menu ”Looping”
i System memproses permintaan
j System menampilkan data tutorial ” Looping”
k User memilih Menu ”procedure”
l System memproses permintaan
m System menampilkan data tutorial ” procedure”
n User memilih Menu ”function”
o System memproses permintaan
p System menampilkan data tutorial ” function”
q User memilih Menu ”larik”
r System memproses permintaan
s System menampilkan data tutorial ” larik”
3.2.2 Perancangan Design Antar Muka

Gambar 3.3 Halaman awal

Gambar 3.4 Materi Pembelajaran

Gambar 3.5 Login Admin

Gambar 3.6 Halaman Utama Admin

Gambar 3.7 Halaman Edit Materi Pembelajaran Admin
BAB III
ANALISIS DAN PERANCANGAN
3.1. Analisis
Aplikasi ini merupakan sebuah tutorial yang berfungsi sebagai media belajar. Analisis merupakan penguraian dari suatu aplikasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi masalah-masalah, hambatan-hambatan yang terjadi serta kebutuhan yang diharapkan. Analisis ini diperlukan untuk mengetahui mekanisme, proses-proses maupun hubungan antar proses dalam aplikasi tersebut.
3.1.1 Deskripsi Pembuatan Aplikasi Tutorial
Aplikasi tutorial ini merupakan sebuah aplikasi media pembelajaran. Tutorial yang akan saya buat berjudul “Aplikasi Tutorial Untuk Algoritma dan Pemrograman Dasar Dalam Bahasa C”. Aplikasi ini berisi tutorial untuk mata kuliah Algoritma dan Pemrograman. Aplikasi ini adalah untuk memudahkan pengguna aplikasi dalam belajar dan memahami mata kuliah Algorima dan Pemrograman. Adapun materi yang terdapat pada tutorial tersebut adalah Runtunan, Pemilihan, Pengulangan, Prosedur, Fungsi, dan Larik.
3.1.2 Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Berbagai perangkat lunak yang digunakan untuk membangun sebuah Aplikasi Tutorial ini di antaranya:
• Sistem Operasi : Windows XP Service Pack 2.
• Design Grafis : Adobe Photoshop CS2
• Analisis : Microsoft Visio 2007
• Bahasa Pemrograman : Java Server Pages
• Database : Microsoft Acces
3.1.3 Analisis Kebutuhan Perangkat Keras
Kebutuhan analisis perangkat keras yang kami gunakan untuk membangun Aplikasi Tutorial ini adalah komputer dengan spesifikasi :
• Processor : Intel AMD Turion™ 64 X2
• Memori : 2000 MB
• VGA : NVIDIA GeForce 9100MG
3.2 Perancangan
Untuk mmbuat sebuah aplikasi tutorial yang baik diperlukan perhitungan dan ketelitian. Maka dari itu perancangan yang baik harus dilakukan agar diperoleh hasil yang efisien, optimal dan sesuai dengan apa yang kiata inginkan.
Tahap perancangan dalam pembuatan “Aplikasi Tutorial Untuk Algoritma dan Pemrograman Dasar Dalam Bahasa C” ini adalah sebagai berikut :
a Merancang design tampilan antar muka
b Menentukan fungsi- fungsi yang disediakan
3.2.1 Perancangan Flowcart
Gambar 3.1 Flowcart Index
Keterangan sebagai Admin:
a Pertama Admin masuk kedalam aplikasi
b Admin melakukan login
c Admin menginput data
d Admin mengedit data
e Admin menyimpan data
Keterangan sebagai User :
a Pertama user masuk kedalam aplikasi
b User memilih menu guest book
c User menginput data pada menu guest book (sistem melakukan penyimpanan data)
d User memilih menu tutorial
e Menampilkan tutorial
Gambar 3.2 Flowcart Menu Tutorial
Keterangan :
a User memilih Materi Tutorial
b User memilih Menu ”sequence”
c System memproses permintaan
d System menampilkan data tutorial ”sequence”
e User memilih Menu ”selecting”
f System memproses permintaan
g System menampilkan data tutorial ” selecting”
h User memilih Menu ”Looping”
i System memproses permintaan
j System menampilkan data tutorial ” Looping”
k User memilih Menu ”procedure”
l System memproses permintaan
m System menampilkan data tutorial ” procedure”
n User memilih Menu ”function”
o System memproses permintaan
p System menampilkan data tutorial ” function”
q User memilih Menu ”larik”
r System memproses permintaan
s System menampilkan data tutorial ” larik”
3.2.2 Perancangan Design Antar Muka

Gambar 3.3 Halaman awal

Gambar 3.4 Materi Pembelajaran

Gambar 3.5 Login Admin

Gambar 3.6 Halaman Utama Admin

Gambar 3.7 Halaman Edit Materi Pembelajaran Admin

BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

4.1 Lingkungan Implementasi
Langkah implementasi merupakan hal terpenting yang harus dilaksanakan guna mendapatkan hasil maksimal dari software yang telah dibangun.
Berdasarkan perancangan sistem yang disusun, maka software yang digunakan adalah program aplikasi tutorial “Aplikasi Tutorial Untuk Algoritma Dan Pemrograman Dasar Dalam Bahasa C” adalah Java Server Pages dan Ms.Acces adalah pembuatan database.
4.1.1 Kebutuhan Perangkat Keras
Kebutuhan perangkat keras dalam perancangan aplikasi antara lain :
Tabel 4.1 Deskripsi perangkat keras
No Nama Perangkat Spesifikasi Keterangan
1 Prosesor Intel AMD Turion™ 64 X2 Untuk kecepatan transfer data dari sistem yang sangat bergantung pada kecepatan prosesor komputer
2 Memori 2000MB Memory System yang digunakan
3 VGA NVIDIA GeForce 9100MG Untuk grafic

4.1.2 Kebutuhan Perangkat Lunak
Kebutuhan perangkat lunak yang mendukung aplikasi ini antara lain :


Tabel 4.2 Deskripsi Perangkat Lunak
No Tools / Software Fungsi Keterangan
1 Windows XP Service Pack 2 Sistem Operasi -
2 JSP Java Server Pages Object Oriented Programming -
3 Microsoft Acces Server Basis Data -
4. Photoshop CS2 Disain Antar Muka -


4.2 Pengujian dan Hasil Pengujian
4.2.1 Identifikasi dan Rencana Pengujian
Tabel 4.3 Identifikasi dan Rencana Pengujian
Kelas Uji Butir Uji Tingkat Pengujian Nomor Uji Jenis Pengujian Jadwal
Validasi Login Validasi Login Pengujian Sistem SKPL-01 Black box 02 Februari 2010
Menu A Pengolahan Data Tutorial Pengujian Sistem SKPL-02 Black box 02 Februari 2010
Pengelolaan Data Guest Book Pengujian Sistem SKPL-03 Black box 02 Februari 2010

4.2.2 Deskripsi dan Hasil Uji
Tabel 4. 4 Butir Uji validasi Login

No. Uji Deskripsi Prosedur Pengujian Masukan Keluaran yang diharapkan Kriteria Evaluasi Hasil Hasil yang Didapat Kesimpulan
SKPL-01 Menguji validasi login admin masuk ke sistem untuk kasus yang benar
Ketikkan User_Id dan password kemudian klik Login
Ketikkan User_Id name dan password Tampil Menu Edit dan Menu Input Ketika Tombol Login diklik, tampil Tampil Menu Edit dan Menu Input Sesuai dengan yang diharapkan OK

Menguji validasi login admin masuk ke sistem untuk kasus yang salah
Ketikkan User_Id dan password kemudian klik Login
Ketikkan User_Id name dan password Tampil Pesan Kesalahan Ketika Tombol OK diklik, tidak tampil Halaman Menu Utama Sesuai dengan yang diharapkan OK







Tabel 4. 5 Butir Uji Menu Utama
Deskripsi Prosedur Pengujian Masukan Keluaran yang diharapkan Kriteria Evaluasi Hasil Hasil yang Didapat Kesimpulan
Menguji form menu utama
Pilih Menu Guest Book
-
Tampil Form Guest book Tampil Form Guest book Sesuai dengan yang diharapkan OK
Pilih Menu Tutorial - Tampil sub Menu Sequence, selecting, looping, procedure,function,larik Tampil sub Menu Sequence, selecting, looping, procedure,function,larik Sesuai dengan yang diharapkan OK

Tabel 4. 6 Butir Uji Sub Menu

Deskripsi No Uji Prosedur Pengujian Masukan Keluaran yang diharapkan Kriteria Evaluasi Hasil Hasil yang Didapat Kesimpulan
Menguji form sub menu

SKPL-02 Pilih Menu Sequence
- Tampil Form Menu Sequence Tampil Form Menu Sequence Sesuai dengan yang diharapkan OK
SKPL-03 Pilih Menu Selecting - Tampil Menu Selecting Tampil Menu Selecting Sesuai dengan yang diharapkan OK
SKPL-04 Pilih Menu Looping Tampil Menu Looping Tampil Menu Looping Sesuai dengan yang diharapkan OK
SKPL-05 Pilih Menu Procedure Tampil Procedure Tampil Procedure Sesuai dengan yang diharapkan OK
SKPL-06 Pilih Menu Function Tampil Function Tampil Function Sesuai dengan yang diharapkan OK
SKPL-07 Pilih Menu Larik Tampil Larik Tampil Larik Sesuai dengan yang diharapkan OK






BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 KESIMPULAN
1. Aplikasi Tutorial yang berbasis JSP(Java Server Pages)
2. Aplikasi Tutorial yang mempunyai menu bahasan yaitu :
a. Sequence
b. Selecting
c. Looping
d. Procedure
e. Function
f. Larik
3. Aplikasi yang dapat membantu mahasiswa belajar algoritma dan pemrograman bahasa “C”
5.2 SARAN
Saran untuk memperbaiki Aplikasi Tutorial ini sangat diperlukan, maka berikut ini adalah beberapa saran tersebut :
1. Aplikasi ini hanya sebuah tutorial, tidak disertai dengan quis atau latihan soal, untuk kedepannya ada baiknya disertai dengan quis atau latihan soal
2. Untuk pengembangan Aplikasi Tutorial ini sebaiknya tidak hanya digunakan pada algoritma dan perograman bahasa ”C”, tetapi juga untuk mata kuliah yang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar