Senin, 12 September 2011

Ikhlas,,,

ehm,,, siapa yang tidak mengenal itu,,?
pasti semua mengenal itu,, dan itu adalah kata dimana yang gampang sekali di ucapkan,,
nenar nggak?
yups benar sekali *nanya sendiri dijawab sendiri :)

kata itu memanglah sangat mudah di ucapkan, tapi hati? ehm,, tidak bisa menipu, apapun itu,,, . ketika rasa ikhlas itu tidak 100% atau kita belum bisa mengikhlaskan sesuatu, itu suatu saat secara tidak langsung akan muncul kembali dalam alam bawah sadar kita.

Apakah benar demikian? ehm,, betapa sombongnya manusia ini,tidak mau memaafkan kesalahan orang lain. Padahal Allah SWT telah berfirman dalam "Jika kamu menyatakan sesuatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sesungguhnya Allah Maha Pema’af lagi Maha Kuasa.” (QS an-Nisaa’ [4]: 149)"

menurut temanku si jelek *nama julukan, bagaimana jika kita bayangkan kita yang mempunyai kesalahan, dan kita tidak pernah di maafkan? pasti nggak mau kan? benar juga, tapi apa daya hati berkata lain, sebagai manusia yang biasanya hendaknya kita tetap berusaha untuk tetap memaafkan untuk mencapai ikhlas itu. Ketika kita sudah mencapai kata ikhlas itu, hati akan menjadi lebih tenang, dan tidak akan ada lagi yang muncul dalam bawah alam sadar kita.

Itu adalah salah satu ikhlas untuk memaafkan, bagaimana dengan ikhlas akan ketentuan Allah kepada makhluknya? ya ketentuan Allah msalnya soal jodoh dan rezeki, nah itu manusia wajiblah untuk berusaha segiat mungkin, dan tetaplah Allah yang menentukan segalanya. Tentunya siap menerima dengan ikhlas apapun itu, ketentuan Allah, karena Allahlah yang tahu mana yang terbaik untuk umatnya.

Kembali lagi, ketika kita sudah bisa mempelajari dan mengamalkan ilmu ikhlas kita, hati akan tenag setiap waktu dan tidak akan ada lagi yang namanya penyakit hati, iri , dengki, sombong, cemburu. Tidak akan ada lagi, sayang nya kita selalu mengikuti kata hati, logikanya seperti ini, jadi harusnya seperti ini, "Harus" kata itu yang harus diluruskan maknanya, harus bisa tetapi Allahlah yang menentukan.

Maka dari itu ikhlas sangat diperlukan disemua tempat, ketika itu sudah kita dapatkan, hanya ketentraman hati yang ada dalam diri kita, tentunya di tempuh dengan cara kita lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.

"Allah yang membolak, balikkan hati manusia, semoga allah membalikkan hati kita kepada kebaikan"
Amin Ya Rabb,,, :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar