Selasa, 16 Agustus 2011

Lumajang Kota Ku Part 1

Teman, teman apakah pernah mendengar kota itu? ehmmm,,, pasti ada yang sudah tahu kan,,,,?
kota yang begitu tenang, nggak ada macet *kecuali ada karnaval heheh,,,, :). Beda sekali dengan jakarta yang tiada hari tanpa maceettt,,, :).

Kembali ke Lumajang. Julukan lumajang adalah kota "PISANG", ya pisang iconnya adalah "Pisang Agung" atau di tempat lain dikenal dengan "pisang tanduk". Nah teman-teman bisa melihat bentuk pisangnya di gambar samping. ehm,,,, bedanya pisang di lumajang dengan di tempat lain yaitu, pisang lebih besar-besar. Salah satu kecamatan penghasilnya yaitu kecamatan Tempursari, Pasrujambe Dll.
Rasa biasanya pisang ini diolah menjadi kripik, atau bisa juga di jadiin pisang goreng, lempang -lempong juga boleh (lempang -lempung = hampir sama dengan pisang goreng, bedanya pisangnya di potong kecil-kecil, dan tepungnnya lebih banyak). sumber gambar pisang : (http://arie1987.wordpress.com/2010/10/13/potensi-pisang-agung/)

Ngomong-ngomong soal kecamatan tempursari, dia mempunyai ke indahan alam yang sangat eksotis (heheh,,,,, sedikit promosi). Mari kita lihat keindahan alam nya,,,. Tempursari tu salah satu kecamatan di lumajang, kita bisa menuju kesana melalui kecamatan Pasirian. Perjalanan dari pusat kota bisa di tempuh selama kurang lebih 1,5 jam. Setelah kita melalui kecamatan pasirian kita akan mulai menikmati keindahan alam yang sangat indah.Pertama kita akan melewati Hutan jati, yang masih alam banget,,,, kemudian melewati hutan coklat. Jalannya di sini berbukit dan berkelok-kelok, jadi yang belum terbiasa bertravelling dengan medan yang seperti ini, di mohon hati - hati :). Coba liat gambar dibawah. Itu salah satu pemandangannya. Itu pantai telepuk yang dilihat dari atas bukit.

Setelah melewati hutan coklat kita bisa menikmatin pemandangan keindahan laut di sepanjang jalan dari atas bukit. Kita bisa melihat ada pulau kecil yaitu Nuso Barong, yang terletak di puger(jember) kelihatannya samar-samar :). Jika cuaca cerah maka kita bisa melihatnya dengan jelas. Sayangnya saya tidak mempunyai fotonya, untuk membuktikan yu,,, di kunjungi.

Selanjutnya kita juga akan melewati sungai yang namanya "Kali Gedhe". Sungainya besar makanya di sebut "kali gedhe" airnya sangat jernih sekali, belum ada pencemaran, kecualai karena alam. (gambar ini adalah salah satu sudutnya).

Ok. Berikutnya kita akan melewati hutan untuk beberapa saat setelah itu baru kita akan melewati danau kembar. Jadi di tengah-tengah danau adalah jalan. Gambar ini adalah salah satu sisi dari danau kembar tersebut. Disini biasanya jika airnya penuh setelah hujan lebat, jalannya penuh dengan air alias banjir kato kata orang tempursari itu bilangnya "jabek" .










Air ini adalah percampuran antara air laut dengan air tawar, atau bisa juga di sebut air "payau". Di danau ini juga banyak ikannya lho,,, yang suka mancing boleh-boleh silahkan :).

Setelah melewati danau kembar itu, kita akan menaiki bukit jagi,,, ngeng,,,,, Tanjakan yang lumayan tinggi. Lumayan serem si,,, tapi serunya lebih luar biasa, digantikan dengan pemandangan alam yang indah,,,, :).Teman-teman, ini baru awal perjalanan lho,,,, belum sampai di tempatnya. Untuk Wisata -wisata apa saja yang ada disana, nanti kan part 2 ya,,, :)




6 komentar:

  1. wah pemandangan yang mbk tampilkan bagus - bagus enggeh matur nuwun.................................wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,, terima kasih,,, :) . Uda pernah maen kesini belum?

      Hapus
  2. q kangen banget pengen segera balik ke lumajang...q dari lombok tapi mertuaku tinggal di kampung wareng pasir rejo. lok mw kesana q slalu lewt jalur yang ada di foto ni. n slalu mampir di hutan jati gondoruso. foto2 yg mbak posting ni sdkt ngobati rasa kangenku ma kmpung mertua. insyaallh abis lebaran q mw pulang k lmjang ma istri n anakku...makasi fotonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,,,,
      saya juga tinggal diluar kota, sama juga, alam - alam inilah yang selalu membuat kangen untuk pulang. Iya wareng, saya tau tempat itu. Iya, semoga bisa pulang ke lumajang. Waiyyaka,,,

      Hapus
    2. mbak fatma yang baik...!!!! q skrg kerja d hotel ombak sunset gili trawangan lombok di bagian receptionist. klo da waktu luang q slalu sempatkan bicara tentang pariwisata di lumajang. mohon maaf mbak klo mbak gak sibuk tolong diposting juga pemandangan jalur lahar di kampung renteng sbelah kmpung wareng yang backgroundnya di kelilingi bukit. cz ada tamu dari australia yg mulai tertarik dg penjelasan saya....(skalian promosi mbak) ...jazakillah

      Hapus
    3. iya.... insyaAllah nanti dibikin ya,, kebetulan kemarin lebaran pulang uda ambil beberapa fotonya...

      Go Jatim, terutama Luamajang ....

      Hapus