Minggu, 18 Mei 2014

AndroHid

#Part 1 #Androhid 353

Bismillahirahmanirrahim....

Berawal dari seorang sahabat yang menshare, acara dari DT(Darut Tauhid). Ada 2 Kegiatan yang pertama yaitu : lupa namanya, dilaksanakan selama 2 bulan penuh sabtu dan minggu harus konsisten, dan yang ke 2 programnya bernama Androhid ternyata bukan 2 kali pertemuan tapi 1 Tahun subhanallah. Jujur saya tidak faham dengan program ini, sekilas hanya melihat tentang "Pendidikan Karakter" dan tidak ada yang kebetulan didunia ini, ini adalah bekal ilmu yang ingin saya cari guna menunjang "BCBS" Berbagi Ceria Bersama SIGi, yang merupakan salah satu program dari SIGi, yaitu pendidikan karakter terhadap anak.

Akhirnya saya memilih AndroHid, yang diawali dengan Pre Test yang isinya tentang "Psikologi". Ntah seperti apa hasilnya saya belum mengetahuinya ^^, terlepas dari itu focus pada lmu yang akan didapat dan mengaplikasikannya kepada para penerus bangsa kita "Pasukan Segilima" periode 3 (insyaAllah) dan untuk para calon kakak-kakak pendampingg terutama buat saya sendiri agar menjadi lebih baik lagi.

Hari ini Minggu, 18 Mei 2014. Orientasi Pertama dimulai

Kata hikmah bikinan saya adalah :

"Ada sebagian dari diri kita yang menjadi hak orang lain. Maka dengan berbagi kita melepaskan hak orang lain yang ada dalam diri kita. Karena bagiku, berbagi adalah KEBUTUHAN".
untuk kata-kata hikmah dari sahabat-sahabat yang lain bisa dilihat di : Kata Hikmah

Kata hikmah ini akan berlaku untuk diri kita dan orang lain. Kenapa seperti itu, akan dijelaskan pada tahap selanjutnya.

AndroHid
Andro : Muda dewasa
Hid : Bertauhid

Androhid : Muda Dewasa yang berTauhid
inilah inti dari kegiatan ini.

Pertama Standar isi dari AndroHid (sumber -> Al-Fajr : 27-30)

  1. Jiwa yang tenang
  2. Jangan Takut Jangan Sedih
  3. Akhirnya kutemukan pribadi
  4. Membangun Surga hari ini
#Jiwa yang tenang, merupakan kunci utama kita untuk "move on" sebelum kita bergerak. Mari kita identifikasi dalam diri kita :
  • Hal apa yang membuat kita terbebani?
  • Apa yang kurang dalam diri kita?
  • apa yang melemahkan kita?
dari beberapa hal diatas, setelah kita menemukan jawabannya maka "HILANGKAN". Setelah kita berasil menghilangkan selanjutnya adalah "AKSI" cara mengawalinya yaitu dengan menambah amal sholeh /perbuatan yang baik, bisa dengan memberi hal-hal yang baik kepada diri sendiri hingga menghasilkan "Surga Hari ini".


Untuk merubah diri sendiri kita menjadi pribadi yang lebih baik, kita memerlukan "Pola untuk merubah diri", bagaimana pola itu? kitalah yang harus berani mengatur dan memaksa diri kita untuk menaati pola yang kita bikin sendiri. Untuk melihat perkembangannya kita bisa mencatatnya, dengan pola tersebut apa saja yang sudah kita capai? apa yang belum kita capai. Jadi bisa mengevaluasi diri sendiri.

Kedua Standar Proses (sumber : Ibrahim : 24-26)
  1. Tumbuh
  2. Kokoh
  3. Mandiri
  4. Berdaya Guna
#Tumbuh, manusia itu tumbuh dan berkembang kemudian mati. Ini adalah sebuah siklus dimana tidak bisa dipilih, berapa umur kita. 
#Kokoh, menjadi pribadi yang tangguh
#Mandiri, menjadi pribadi yang mandiri
#Berdaya Guna, menjadi pribadi yang punya "power" dan mempunyai "Tujuan"

Kita sering kali lebih memilih "MERASA" menjadi "Korban" dari sikap diri kita sendiri. Harusnya kita berani memilih kehendak "BEBAS" yang bertanggung jawab, yaitu tidak mengeluh dengan Proses dan Hasil. Karena itu adalah pilihan kita tidak ada sebuah paksaan didalamnya. Hidup bukan berada ditangan orang lain, tetapi dalam genggaman pilihan kita masing-masing, dengan sebuah ketentuan dan ujian-ujian dariNya.
Bebas memilih, yang harus dipaksakan itu adalah mendekat kepada Allah. ;)

Rujukan yang digunakan dalam pembahasan AndroHid ini ada 2 kitab :
  1. Diri kita sendiri. Kenapa? karena diri kita adalah cerminan sikap kita dan cermin inspirasi untuk orang lain
  2. Al-Qur'an
Kembali lagi tentang diri kita sendiri. Pernahkah kita memilih dan mengeluh atas pilihan kita sendiri? Nah itu adalah satu kesalahan fatal, karena MENGELUH SAMA DENGAN MENCACI MASKI DIRI SENDIRI. Mungkin kata itu terlampau kasar buat diri saya pribadi, tapi itulah kenyataannya. Tidak ada yang memaksa kita untuk memilih, karena diri kita sendirilah yang menentukan pilihan itu. Jadi STOP MENGELUH, ganti dengan SYUKURI, NIKMATI dan LAKUKAN SATU PERUBAHAN UNTUK MENGISI KEKURANGAN DIRI SENDIRI. Karena itulah AKSI dari sebuah SOLUSI.


Share ilmu yang saya dapatkan hari ini. Semua hal yang baik hanya dari Allah, jika ada kata yang salah itu berasal dari saya sebagai manusia. 

Semoga Bermanfaat






2 komentar: