Senin, 22 Agustus 2016

Etika dan Profesionalisme TSI Tugas 1

1     Jelaskan apa yang dimaksud dengan etika secara umum dan berikan contoh penerapan etika dalam teknologi sistem informasi
Pengertian etika secara umum :
Etika yang berbicara mengenai kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia bertindak secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan etis, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan.
Contoh penerapan etika dalam teknologi nformasi :
Internet banking adalah salah satu fasilitas kemudahan dari bank untuk bertransaksi lebih mudah, dimanapun dan kapanpun selama terdapat koneksi internet. Hal ini menjadi tantangan bagi pihak bank terutama bagian pengelola jaringan maupun databasenya dalam menjaga kerahasiaan data nasabah maupun transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Menjaga kerahasiaan merupakan moral dasar yang baik, wajib dimiliki oleh pihak pengelola.

2.       Apa tujuan dari penerapan etika dalam teknologi informasi ? jelaskan
Degan adanya etika dalam penggunaan maupun pembuatan teknologi informasi untuk perlindungan hak kepemilikan intelektual, membangun akuntabilitas sebagai dampak pemanfaatan sistem informasi, menetapkan standar untuk pengamanan kualitas sistem informasi yang mampu melindungi keselamatan individu dan masyarakat

3.       Jelaskan etika apa yang harus diperlihatkan bagi pembuat, pengembang, dan pengguna teknologi informasi


  • Privasi menyangkut hak individu untuk mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang memang tidak diberi ijin.
  • Akurasi Ketidakakurasian informasi dapat menimbulkan hal yang mengganggu, merugikan, dam bahkan membahayakan.
  • Property Perlindungan terhadap HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual),yaitu hak cipta (copyright), paten, dan rahasia perdagangan (trade secret).


Fatmawati Fitri Mulyadi/ 1A113764/ 4KA28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar