Kamis, 23 Januari 2014

Berani Mengambil Keputusan

Ini adalah hal yang tersulit yang selalu ada
Ketika ada dua hal yang memiliki kepentingan yang sama
Antara sebuah tanggung jawab dan ilmu lain untuk mengembangkan tanggung jawab
Bukan karena sebagai pemilik ketentuan kemudian dengan mudah melangkah tentu tidak
BCBS adalah tanggung jawab yang besar
Berani mengajak perubahan kepada anak-anak harus berani bertanggung jawab atas perkembangan mereka selanjutnya
Fungsi dari sebuah disinilah fungsi sebuah TIM
Bukan saling mengandalkan satu dengan yang lain, tetapi kerjasama atas sebuah tanggung jawab bersama
Sekali tidak datang itu buat saya pribadi rasanya saya telah melewatkan hal yang penting dalam perkembangan mereka
Itu merupakan rasa gelisah yang saya alami kemarin
Tapi tetaplah berani memilih, karena saya percaya dalam TIM kita kalian juga merasakan hal yang sama

Biotilik cara pemantauan kualitas air yang mudah dan murah sehingga membuka ruang bagi masyarakat untuk bisa terlibat termasuk di dalamnya pelajar, guru dan komunitas di Ciliwung (Ciliwung)
29 Desember 2013
Saya belajar mengenai hal tersebut, tujuan utama adalah untuk mendokumentasikannnya dan membawa ke pada Pasukan Segilima.
Menyusuri tepian sungai dan bertemulah dengan beberapa mahasiswa dan beberapa pelajar
Kami bergabung dalam tim mereka
Menjaring beberapa batu dari tepian sungai
Dan mengambil hewan-hewan kecil yang menempel pada bebatuan
Tanpa kita sadari ada “Negeri Air”
Beraneka ragam hewan EPT
Leptophlebidae, Erpodellidae, Atrydae, thiaridae, kepinggan, choroperlidae, larva ulat air, bunccinidae, lintah
Ini adalah hewan temuan kelompok kami
Hewan-hewan ini menempel pada batu-batuan
Kecil dan perlu pengelihatan yang cukup jeli untuk dapat melihatnya
Bentuk-bentuknya bisa dilihat dengan menggunakan Kaca Pembesar
Subhanallah Allah menciptakan keragaman mereka
Dengan adanya mereka kita bisa melihat bagaimana kondisi air
Dari yang paling buruk sampai paling bersih
Masihkah kita ingin merusak ekosistem ini?
Sedangkan didalamnya terhadap kehidupan
Sama halnya seperti kita “manusia”
Memiliki hak yang sama untuk menikmati ciptaanNya
Kehidupan, rantai makanan

Ketika usai belajar tentang biotilik
Beralih ke tempat pembibitan
Ada pameran ikan
Saya tertarik dengan sebuah poster yang gambarnya ikan
Ikannya pergi membawa barang-barang
Sama halnya dengan manusia ketika lingkungan kita terusik
Maka kita akan pergi, dan mencari tempat baru yang lebih baik
Itulah yang dialami oleh kan-ikan di ciliwung
Ketika kita tidak menjaganya mereka akan pergi dan mencari kehidupan lain yang nyaman
Kembali lagi tentang “Negeri Air”
Mereka butuh kehidupan yang damai
Tak ada bedanya dengan manusia yang membutuhkan “kenyaman”

Disini saya juga bertemu dengan seorang ibu
Beliau bernama “Azizah”
Ilmu tentang pendidikannya luar biasa sekali
Berkenalan dan sebenarnya enggan untuk beranjak
Disini saya menemukan kenapa ada sebagian anak-anak tidak menyukai permainan yang ada dalam BCBS
Modul disusun untuk anak ukuran 8-10 tahun
Sedangkan anak yang kami tanggani 2-13 tahun
Sementara kami tidak bsa menolak ketika anak-anak ingin bermain dengan kami
Kami yang harus lebih kreatif bagaimana membuat anak-anak senang
Ibu Azizah mengatakan kamu harus membagi mereka menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan umur
Saya mengatakan kami sudah membaginya menjadi 2 bagian kelompok kelas 3 kebawah dan kelompok kelas 4 ke atas
Nah, itu masih kurang spesifik
Untuk anak kelas 4-6 ini harusnya dibagi lagi
Untuk anak kelas 6 mereka sudah tidak mau lagi bermain-main
Mereka sudah ingin dianggap dewasa
Apalagi anak SMP
Mereka lebih senang dengan observasi
Untuk kelas 4-5 merekalah yang masih suka bermain
Inilah kekurangan kami
Beliau mengatakan, ketika berbicara tentang pendidikan karakter
Itu erat kaitannya dengan “Lingkungan”
Kamu tahu tentang teori Haramain?
Makkah dan Madinah itulah “Haramain”
Merupakan tempat suci bagi umat islam dan merupakan pusat konservasi
Mungkin saya harus belajar lebih banyak lagi tentang semua keterkaitan tersebut

Unsur Segilima :
  1. Berakhlak
  2. Bercita-cita
  3. Mandiri
  4. Kreatif
  5. Cinta Lingkungan
Semua hal ini sau kesatuan yang utuh dan tak bisa terpisahkan
Kita harus mengenali usia anak-anak berdasarkan range usia
Kita harus bisa memasuki mereka dengan cara yang mereka sukai

Kita membutuhkan sebuah kenyamanan
Sama halnya dengan anak-anak
Kita harus mengenali mereka
Untuk membuat mereka nyaman dengan kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar