Kamis, 09 Januari 2014

Individu , keluarga dan Masayarakat


Individu
Individu berasal dari kata in dan devided. Dalam Bahasa Inggris in salah satunya mengandung pengertian tidak, sedangkan devided artinya terbagi. Jadi individu artinya tidak terbagi, atau satu kesatuan. Dalam bahasa latin individu berasal dari kata individium yang berarti yang tak terbagi, jadi merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan tak terbatas.
Manusia sebagai makhluk individu memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai manusia individu manakala unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Jika unsur tersebut sudah tidak menyatu lagi maka seseorang tidak disebut sebagai individu.
 







Keluarga
Keluarga (bahasa Sanskerta: "kulawarga"; "ras" dan "warga" yang berarti "anggota") adalah lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.
Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab di antara individu tersebut.






Masyarakat
Masyarakat
Dalam bahasa Inggris masyarakat adalah society yang pengertiannya mencakup interaksi sosial, perubahan sosial, dan rasa kebersamaan.
Istilah masyarakat disebut pula sistem sosial. Untuk pemahaman lebih luas tentang pengertian masyarakat sebaiknya kita kemukakan beberapa definisi masyarakat sebagai berikut.
- J.L. Gilin dan J.P. Gilin
Masyarakat adalah kelompok yang tersebar dengan perasaan persatuan yang sama.
 Max Weber
Masyarakat adalah suatu struktur atau aksi yang pada pokoknya ditentukan oleh harapan dan nilai-nilai yang dominan pada warganya.
- Emile Durkheim
Menurut sosiolog ini masyarakat adalah suatu kenyataan objektif individu-individu yang merupakan anggota-anggotanya.
- Karl Marx
Masyarakat adalah suatu struktur yang menderita ketegangan organisasi ataupun perkembangan karena adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terpecah-pecah secara ekonomis.
- M.J. Herskovits
Masyarakat adalah kelompok individu yang diorganisasikan dan mengikuti suatu cara hidup tertentu.
- Selo Soemardjan
Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan






Sumber :














Masyarakat merupakan interaksi antar individu satu dengan yang lain dalam sebuah lingkungan, yang didalamnya terdapat sebuah norma, adat dan kebudayaan
Norma, adat dan kebudayaan merupakan pengontrol dari masing masing sikap individu
Karena antara individu satu dengan yang lain dalam asuhan keluarga yang berbeda-beda, tentu berbeda pula kebudayaan, adat, dan norma yang berlaku didalamnya
Keluarga membentuk individu-individu yang nantinya akan berkolaborasi dengan lingkungan dan masyarakat
Keluarga merupakan aset utama keberhasilan individu dalam bersosial dengan masyarakat. Mengapa? Karena keluarga adalah pembuat proyek peradaban, yang diawali dengan pernikahan antar ndividu .
Mengapa keluarga disebut sebagai proyek peradaban?
1.Amal Jariyah merupakan Infrastruktur publik/sosial yang menghasilkan nilai -nilai kepedulian terhadap kemandirian dan perekonomian masyarakat luas
2.Ilmu yg bermanfaat merupakan pewarisan dan pengembangan dari ilmu yg menghasilkan inovasi dan memiliki daya saing dalam penciptaan pendidikan yg baik
3.Anak yg shalih yg mendoakan, merupakan hasil dari institusi keluarga yg sehat yaitu keluarga yg sakinah mawaddah warahmah
Didalam keluarga inilah karakter individu terbentuk, ketika dalam masa anak-anak hingga dewasa. Ketika anak berusia dini perkembangannya sangat dipengaruhi oleh orang tua sebagai pendidiknya. Tetapi ketika ia sudah mulai dewasa menjadi sebuah individu baru, disinilah lingkungan dan masyarakat akan berperan dalam pembentukan karakter seorang individu. Dan peran orang tua dalam sebuah keluarga adalah sebagai pengontrol.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar