Kamis, 23 Januari 2014

KITA




SIGi (Sahabat Indonesia Berbagi) mungkin belum banyak yang mengetahui tentang komunitas ini, hanya beberapa orang satu atau beberapa kelompok. SIGi merupakan sebuah komunitas tanpa sebuah keterikatan dengan pihak tertentu, independen. lebih lejasnya tentang paparan nya bisa di baca disini.

Bercerita tentan BCBS, Berbagi Ceria Bersama SIGi, ide ini muncul saat pertemuan di Bogor, saya lupa tanggalnya, dan kemudian digodok oleh beberapa orang, ide mentahan muncul dibahas dan dibahas. Suatu ketika,,, *muka serius,,, :D, pulang kerja ingin ke masjid BI ada kajian ba'da magrib, saat sms kesalah satu teman, temanpun membalas, ikutan kajian saya dulu yuk,,, eh becanda, ini mau bahas tentang program SIGi,. Dengan tawaran tersebut, ya sudahlah ngikut siapa tahu bisa membantu. dari perbinacnagn tersebut terbentuklah beberapa ide, ini saat itu adalah dibawah koordinasi sub dari salah satu divisi di SIGi yang bernama PSDM. Saya memanglah tidak berbakat dengan yang namanya mengajar atau sejenis ini, karena typical orang yang susah menjelaskan sesuatu jadi saya pikir dari pada nanti orang yang saya ajari tidak mengerti, ya sudahlah,,, *alasannya si tidak bakat.


Tahap awal yang kita bentuk adalah membuat draf awal bagaimana BCBS itu ini dilakukan setelah 

BCBS
Merupakan tim khusus dari RK yang di bawah koordinasi dari PSDM. BCBS (Berbagi Ceria Bersama SIGi), ini merupakan penggerak dari visi SIGi yaitu “Menjadi Kounitas berjejaring yang mampu menginspirasi dimulai dari pendidikan karakter”.Tim BCBS sendiri terdiri dari 2 tim utama  dan 1 tim pendukung yaitu :
1.      Tim Survei :
Mempunyai tugas untuk mensurvei tempat sasaran dari pelaksanaan BCBS
2.      Tim SCE
Mempunyai tugas penyusunan Silabus, Controling (melaksanakan silabus, mengatur jadwal pembekalan volunteer, mengatur pelaksanaan) dan  Evaluasi (mengevaluasi hasil dari pelaksanaan kegiatan)
3.      Volunteer
Melaksanakan program silabus
Kriteria :
-          Punya Komitment :
Mau meluangkan waktu
Mau belajar, bertumbuh dan berkembang bersama

SIGi                PSDM                         Receh Kahuripan        BCBS
1.      Tim SCE (Silabus/Controling/Evaluasi):
2.      Tim Survey
3.      Volounter
      Melihat gambaran umumnya yang di antaranya ini memang membutuhkan orang yang sudah mempunyai pengalaman lebih dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan karakter anak. Satu kata "Wow" ini apalagi saya tidak faham ama yang beginian. Kebetulan teman sekantor saya yang bernama mbak "Ika" (Ibu muda yang selalu narsis *lho... maaf mbak melebaskan rahasiamu yang satu ini :D ) , dia mempunyai pengalaman tentang mengajar, dan mengajar anak yang usia dini, di tempat kerjanya yang dulu diterapkannya pendidikan karakter. Bulan apa ya,,, sekitar juni atau juli, saya mempertemukan mbak Ika dengan teman dari SIGi yaitu Bagus dan Mas Eros. Bagus adalah koordinator PSDM, dan Mas Eros adalah Ketua SIGi Jabodetabek saat itu. Dari pertemuan ini, kami membahas dan membuat sebuah modul BCBS

d     Dengan berbagai pertimbangan dan masukan, kurang lebih targetnya adalah september, tapi ternyata meleset,  19 Oktober tepatnya BCBS dimulai.
Tak lepas dengan berbagai miss komunikasi dengan beberapa sahabat SIGi, dengan berbagai keluhan teguran,  progress dan banyak hal yang tak luput dengan terbentuknya BCBS ini, mulai dari manajemen yang orangnya keluar satu persatu, dengan berbagai alasan, volunteers yang tiba-tiba tidak datang, ada yang ijin dan adapula yang datang hanya satu kali. Dengan niat yang ikhlas karena Allah "Ingin Berbagi", apapun kendalanya harus tetap berjalan, karena hal ini sudah saya pilih, dan mendapat kepercayaan untuk mengelolanya.  Bismillah,,,,,,

Opening pun dimulai, dengan persiapan yang sangat minim, dan koordinasi ada yang terputus, dan bisa dibilang sedikit dadakan karena yang ditunjuk pelaksana awal tidak bisa menjalankan agenda karena ada hal lain. Opening tujuan awal adalah "mental block" dan pendekatan adik-adik asuh yang nantinya akan ditangani 2 kakak pendamping 5-7 orang, ini adalah idealnya, 1 sebagai kakak pendamping utama dan satu lagi tim support, tim support ini yang akan membantu kakak pendamping. Kembali ke Opening BCBS  disini ada beberapa kegiatan diantaranya yaitu 1) perkenalan dengan kakak pendamping 2)game.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar